Saturday, 28 December 2013

Nam Da Jung..... Scheherazade Bagi Kwon Yool?

Di akhir episode 6 lalu ada adegan yang menurut saya sweet banget. Setelah Da Jung memberikan hadiah pada semua orang, Kwon Yool pun sepertinya iri, pengen dapat hadiah natal juga. Apa yang Da Jung berikan untuk Yool, sebuah buku Hikayat 1001 malam (Arabian Nights)

Da Jung tahu kalau Yool mengalami insomnia setiap malam, jadi ia akan membacakan cerita agar Yool bisa tidur nyenyak, dan itulah hadiah natal yang Da Jung berikan untuk Yool.

Singkat cerita Da Jung membacakan sebuah hikayat tentang seorang wanita, putri dari penasehat kerajaan yang bersedia diperistri oleh raja dan akan memperbaiki tabiat raja yang buruk, yaitu selalu menghukum mati istri-istri yang dinikahi setelah menghabiskan malam bersama.

Bagaimana kisah itu bermula….
Alkisah, seorang Sultan di daratan Persia bernama Syahriyar (Syahriar atau Shahriar) dikunjungi oleh adiknya. Sang adik bermuram durja hingga membuat Raja Syahriyar penasaran dengan tabiat adiknya tersebut. Ternyata sang adik bermuram durja karena dengan mata kepalanya sendiri ia melihat istrinya berselingkuh dan langsung memancung istrinya dan pria yang berselingkuh itu dengan pedangnya.

Pada suatu hari Raja Syahriyar mengajak adiknya berburu tapi adiknya menolak dan tetap berdiam di istana. Hal itu membuat adik sang raja menjadi saksi mata karena melihat kakak iparnya (istri sang raja) berselingkuh di saat Raja Syahriyar berburu. Ia pun sering melamun hingga membuat heran Raja Syahriyar. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya diceritakanlah kesaksian itu kepada Raja Syahriyar. Raja Syahriyar marah yang akhirnya menangkap basah istrinya dan langsung memancung kedua pasangan yang selingkuh itu. 

Sejak saat itu Raja Syahriyar sangat mendendam pada setiap wanita. Tetapi meski begitu, ia ingin terus menikah. Kejamnya sang raja, sehari setelah menikah, ia akan menghukum mati permaisuri barunya itu. Tak ada yang bisa menghentikan perilaku Raja Syahriyar ini. Meski para pejabat tidak setuju, mereka hanya bisa diam. Ketakutan. Begitu juga dengan rakyatnya. Mereka hanya bisa pasrah dengan kekejaman sang raja. Apalagi bagi mereka yang mempunyai anak perempuan. Setiap hari mereka was-was. Mereka takut sang raja akan memilih putri mereka. Mereka hanya bisa merasakan kebahagiaan sejenak. Yaitu ketika pesta pernikahan. Tetapi setelah itu mereka harus menyiapkan kain kafan. Putri mereka dipastikan.. .mati.
Queen Scheherazade as painted in the 19th century by Sophie Anderson

Beratus-ratus perempuan telah menjadi korban. Tetapi dendam sang raja belum juga padam. Ia terus saja mencari perempuan-perempuan cantik, menikahinya dan membunuhnya. Hingga akhirnya putri seorang Wazir yang bernama Syahrazad –Scherezade menurut lafal Barat– dengan tanpa paksaan meminta untuk menikah dengan sang Raja Syahriyar.

Raja Syahriyar pun langsung melamar putri cantik tersebut pada penasihatnya. Sang penasihat bingung menghadapinya. Ia tahu nasib yang menanti putri kesayangannya. Setelah pernikahan, ia akan kehilangan putrinya. Untuk selamanya. Tetapi untuk menolak permintaan sang raja pun berat. Dan akibatnya sama saja. Kematian dirinya sendiri dan putrinya juga.

Di tengah kebingungan tersebut, Syahrazad menghadap ayahnya. "Ayah, terima saja lamaran sang raja. Aku tidak apa-apa. Aku yakin bisa merubah tabiat sang raja." Begitu kata Syahrazad. Dengan berat hati, akhirnya penasihat kerajaan menerima lamaran Raja Syahriyar.

Pesta pernikahan pun digelar. Kali ini lebih megah dan meriah dibanding sebelumnya. Karena yang menikah adalah seorang raja dan seorang putri penasihat kerajaan. Akhirnya pesta pun usai. Malam pengantin pun menjelang. Pasangan berbahagia itu pun melewatkan malam pertamanya dengan penuh kebahagiaan. Pada saat, Raja Syahriyar beranjak ke peraduan, Syahrazad bertanya, "Wahai kekasihku, izinkanlah aku menceritakan sebuah kisah yang menakjubkan." Mendengar permintaan permaisurinya Raja Syahriyar tersenyum senang. Ia memang sangat senang mendengar kisah-kisah hebat. "Silahkan permaisuriku sayang." katanya.

Syahrazad pun memulai ceritanya. Begitu serunya kisah yang ia ceritakan, sampai Raja Syahriyar tidak terserang kantuk sejenak pun. Tetapi ketika kisah itu sedang ada di puncak ketegangannya, Syahrazad menghentikan ceritanya. Ia berjanji akan melanjutkan ceritanya besok malam. Raja Syahriyar pun setuju. Mereka pun tertidur sejenak. Sepanjang hari sang raja terus penasaran. Ia ingin cepat-cepat malam. Ketika malam tiba, Raja Syahriyar sudah siap di kamarnya. Ia benar-benar penasaran akan lanjutan kisah dari Syahrazad. Syahrazad pun melanjutkan ceritanya. Ketika satu kisah sudah berakhir ia lanjutkan dengan kisah berikutnya yang lebih seru lagi. Tapi seperti biasa, ketika satu kisah sedang seru-serunya, ia hentikan ceritanya. Ia pun berjanji akan melanjutkan kisah itu besok malamnya.

Begitu terus setiap malam. Tidak terasa, pasangan itu tetap bersama selama dua tahun. Kisah yang diceritakan Syahrazad pun telah berjumlah 1000. Akhirnya pada akhir kisah yang ke-1001, Syahrazad mengingatkan sesuatu pada Raja Syahriyar, ia ingatkan tentang perilaku Raja Syahriyar yang tidak baik. Raja Syahriyar pun menyesal akan perilakunya. Ia meminta maaf pada seluruh rakyatnya. Rakyat kerajaan itu, terutama penasihat kerajaan, sangat senang karena raja mereka kembali adil dan bijak. Kerajaan itu pun makmur dan sejahtera.

----------------------

Apakah ini berarti Da Jung adalah Syahrazad (Scheherazade) bagi Kwon Yool? Sepertinya akan demikian, kehadiran Da Jung sudah memberikan beberapa nasehat yang membuat Yool tersadar akan posisi dirinya sebagai ayah dan kemudian mungkin ada ucapan lagi yang akan membuat hati Yool yang selama ini keras dan dingin sedikit melunak.

Entah kenapa gara-gara cerita ini muncul pikiran liar di otak saya. Saya harap pikiran liar ini tak terjadi di episode selanjutnya di drama ini… apakah pikiran liar itu?

Saya merasa tak mungkin SW mengambil sebuah cerita dalam buku jika itu tidak berhubungan dengan dramanya. Dalam Hikayat 1001 malam ini diceritakan bahwa raja amat membenci istrinya yang berselingkuh dan membunuh kedua pasangan selingkuh itu. Ia pun melampiaskan kemarahannya pada wanita yang menjadi istrinya bahwa setelah menghabiskan malam bersama sang raja membunuh wanita yang menjadi istrinya tersebut, hal itu tidak dilakukan hanya sekali dua kali saja, tapi terus menerus. Hingga akhirnya datang Syahrazad yang menceritakan beberapa kisah yang membuat hati sang raja terbuka dan kemudian mencintai syahrazad dengan sepenuh hati.

Yang saya takutkan dalam drama ini tidak berbeda jauh dengan kisah 1001 malam itu, ada kemungkinan Kwon Yool mengetahui hubungan gelap istrinya (Park Na Young) dengan kakaknya In Ho (Kang Soo Ho). Ia yang mengetahui itu marah dan tak bisa memaafkan istrinya. Entah bagaimana kecelakaan itu bisa terjadi, tapi sepertinya kecelakaan itu membuat Yool terguncang bahwa walau bagaimanapun ia masih mencintai ibu dari anak-anaknya. Ia pun menutup dirinya dengan bersikap lebih dingin dan keras. Hingga pada suatu saat muncullah Da Jung yang kemudian bisa kembali mengubahnya menjadi pria yang lembut dan penyayang. 

Maaf itu pikiran liar saya saja, jangan terpengaruh ya… hehehe… tapi yang pasti kayaknya Da Jung bakal menjadi Syahrazad bagi Kwon Yool. Itu sudah terbukti dengan beberapa ucapan Da Jung yang sudah membuat hati Kwon Yool sedikit terbuka untuk anak-anak. Dan hari-hari berikutnya Yool akan mulai terbiasa dengan ucapan nasehat dari Da Jung dan tentunya Yool pun akan kembali tidur dengan nyenyak hehehe.

26 comments:

  1. Berharap sih itu gak terjadi, berharap itu cuma kecelakaan murni bkan krn PM yg marah krn istrinya selingkuh

    Dan berharap PM membuka hati'a sedikit demi sedikit bwt DJ, dan memberikan cinta yg tulus bwt DJ #eaaaalebaydikit

    Tapi kasihan Inho jg krn cinta'a harus bertepuk sebelah tangan :(

    Makasi ka anis ama ka inda bwt sinopsis'a akan selalu ditunggu teruus, dan seneng bgt pas dpt info dr ka anis kalo PMAI ttep tayang walopun cuma 1ep doang :)

    ReplyDelete
  2. wah eonni daebak analisisnyaaa._.

    ReplyDelete
  3. mbak sebelum mbak buat cerita syaradz itu juga saya berpikir gitu.... hahahahahaha semoga ajah mbak....


    sebenarnya kasian liat menteri park joon ki.... terbelunggu gara2 SALAHPAHAM..... hihihihihi

    man se~ah... ommo man se~ah.... hahahahahaha

    ReplyDelete
  4. sebelum komen dramanya..komen jenis tulisan di blog ini dulu,

    cantiknya.........

    ReplyDelete
  5. wuahhhh..... kisahnya mengharu biru.........

    bener kali kata mbak anis kalo kemungkinan ceritanya memang seperti itu...

    oh iya, mbak anis menyukai scene ending episode 6,
    tapi menurutku ending episode 5 lebih so sweet, PM dengan nyamannya mengerjakan tugas2 nya sedangkan da jung dengan nyamannya juga tidur,
    kalo kita sendiri aja, ada orang lain pasti gak enak ngapa-ngapain khan, lah mereka berdua - sama2 asing dengan satu sama lain, bisa se-nyaman itu di satu ruangan.... itu yang menurutku luar biasa... di iringin ost nya yg belum rilis2 juga................ so sweet dah.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama, saya juga suka ending episode 5. Walaupun itu adegan biasa tapi entah kenapa jadi luar biasa hahaha.

      Kalau ending episode 6 itu sweet nya, berasa Yool ada sesuatu yg lain di hati ketika membaca buku sambil memandang Da Jung yg tertidur... Alamak, apa ada suara jantung deg2an nya?

      Delete
    2. iya aih...
      setuju buat ost yang belum dirilis itu entah kapan ckck
      tapi produksinya sm cc ya? pingin diisi sama taeyon...
      atau ryeowook juga boleh deh, queens classroom yang kemaren bagus banget wkwkwkwk
      mbak anis, daebak nih^^
      makasih banyak ya mbak :D

      Delete
  6. So sweet banget deh,,
    Love prime minister *_~

    ReplyDelete
  7. Wah prime minister romantisss senyum-senyum gaje ih nontonnya :) ga sabar lihat pasangan ini saling menyayangi dan saling mencintai hehehe

    ReplyDelete
  8. Mbak aniiis, iya adegan ini bener-bener sweet banget! My... Scheherazade, aaakk!
    Suka banget sama drama ini, so heartwarming! Suka banget juga yang pas pada seneng dapet hadiah natal dari Da Jung, tapi teteep hadiah teristimewa cuma buat perdana mentri seorang, haha..

    ReplyDelete
  9. cerita 1001 itu bukannya seperti cerita jang hye sung yang ngelamar jadi pengacara umum ya?????.
    soal drama,mungkin saja itu bukan hanya pikiran liar mba saja....tapi mungkin memang benar ada hubungannya sama ceritanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. emangnya di I Hear Your Voice dibahas tentang Kisah 1001 malam kah? kok saya ga tahu? dibagian mana? kalau yang pas wawancara kerja buat jadi pengacara umum, bukannya Hye Sung menceritakan kisahnya semasa SMA.

      Delete
    2. "seperti" soalnya hye sung memotong cerita pas lagi seru serunya........dan membuat 3 pengacara yg lg mewawancarai dia penasaran...bukannya seperti itu keadaan si raja,yg penasaran sama kelanjutan cerita si permaisuri.

      Delete
    3. oalah seperti toh, maaf kurang tanggap hehehe... kalau seperti mungkin iya... soalnya di drama IHYV, Hye Sung bercerita yang membuat ketiga hakim penasaran ingin tahu kelanjutannya.

      Delete
  10. sama mba anis..sy suka ending episode 6..walaupun cuma baca synopsis dri mba anis,tapi rasanya seperti nonton..makasi mba anis,cara penulisan mba benar2 hebat..

    ReplyDelete
  11. daebaaak
    mb,boknyeo nya di lnjut ya...mmpung mggu dpan prime minister cuma tayang 1 eps,(bagiannya inda ya)
    -yunnia-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahaha tahu aja Yun, pekan depan saya ga kebagian sinop PMAI jadi bisa nulis lanjutan Bok Nyeo hhahaha... Sip deh...

      Delete
    2. Iya mbak bok nyeonya dilanjutin yaa :)

      Delete
  12. aku suka cerita 1001 malam. keren deh^^

    ReplyDelete
  13. Sista akhirnya bisa komen di blogmu....ini sesuatu banget setelah sekian lama jadi silenc rider n hanya bisa komen di fb.suka tulisanmu sejak lama.pokonya kereen..

    ReplyDelete
  14. Ya aku setuju dengan analisanya jeng. Sepertinya emang begitu :D

    Salam kenal

    ReplyDelete
  15. Ternyata pikirn liar qt sm y mb' he...he... sy jg mikr pm yul bgt tergncng smp" insomnia gt... Pst brt bngt buatny kl emang bgt kejadianny... Di sela" itu dajung dtng membuat perubhn sedikt" di kehidupanny... senyumny tu lo mengisyaratkn kl dajung menjd syahrazad di hatinya... he...he... N Yg pst lg qt tunggu aj d perkmbngn di setiap episodeny... Lam kenal y mb'... Thx... N selalu di beri kesehtn... ^,^

    ¤nasya~

    ReplyDelete
  16. sinospi ke 7 nya di tunggu nannti malam

    ReplyDelete
  17. prime minister and i ditayangin KBS world!!!buat yg langganan indovision,selamat menonton!
    alhamdulillah!!!

    ReplyDelete
  18. Saya baru tahu cerita 1001 malam... pas baca cerita ini pikiran saya juga sama kayak Anis "jangan2 istri PM selingkuh" tapi saya ga kepikiran sama klo selingkuh nya sama hyung nya In Ho.. hehe pas baca sinop lagi ternyata kakak nya In Ho juga terlibat kecelakaan ... bisa jadi sih Nis...

    Eps 7 makin sweet
    Semangat buat Anis n Inda ♥

    ReplyDelete
  19. mba karena masih nggu sinopsis episode 16 part 2 iseng" liat blog mba..
    eh ga tau na ada analisis tentang kisah 1001 malam..
    mgkin benar apa yg mba bilang kali ya,,,
    seneng dech mba liat ending episode 6nya...
    kalau ela bilang mah,,
    drama ini romantisssssss abis,,,
    heheheheh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah menjadi reader blog ini...
Jika ingin men-share link silakan...
Tidak perlu bertanya kapan episode selanjutnya, kalau memang sudah selesai pasti akan langsung diupdate...
DAN MOHON UNTUK TIDAK MENG-COPYPASTE SINOPSIS DARI BLOG INI...